PMA No. 912 Tahun 2013
Tabel:MataPelajaranMadrasahTsanawiyah
(PMA No. 912
Tahun 2013)
MATAPELAJARAN
|
ALOKASIWAKTUBELAJAR
|
|||
PERMINGGU
|
||||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
KelompokA
|
|
|
|
|
1.
|
PendidikanAgamaIslam
|
|
|
|
|
a.AlQur'anHadis
|
2
|
2
|
2
|
|
b.AkidahAkhlak
|
2
|
2
|
2
|
|
c.Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
|
d.SejarahKebudayaanIslam
|
2
|
2
|
2
|
2.
|
PedidikanPancasiladanKewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
BahasaIndonesia
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
BahasaArab
|
3
|
3
|
3
|
5.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
IlmuPengetahuanAlam
|
5
|
5
|
5
|
7.
|
IlmuPengetahuanSosial
|
4
|
4
|
4
|
8.
|
BahasaInggris
|
4
|
4
|
4
|
KelompokB
|
|
|
|
|
1.
|
SeniBudaya
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
PendidikanJasmani,OlahragadanKesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
JumlahAlokasiWaktuPerMinggu
|
46
|
46
|
46
|
Beban
BelajardanStrukturKurikulum
Madrasah Tsanawiyah (MTs)
(PMA 165 Tahun 2014)
MATA
PELAJARAN
|
ALOKASIWAKTU BELAJAR
|
|||||
PER MINGGU
|
||||||
VII
|
VIII
|
IX
|
||||
Kelompok
A
|
|
|
|
|||
1.
|
Pendidikan
Agama Islam
|
|
|
|
||
|
a.
Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
2
|
||
|
b. AkidahAkhlak
|
2
|
2
|
2
|
||
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
||
|
d. SejarahKebudayaanIslam
|
2
|
2
|
2
|
||
2.
|
Pedidikan
Pancasila danKewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
||
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
||
4.
|
Bahasa
Arab
|
3
|
3
|
3
|
||
5.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
||
6.
|
IlmuPengetahuanAlam
|
5
|
5
|
5
|
||
7.
|
IlmuPengetahuanSosial
|
4
|
4
|
4
|
||
8.
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
||
Kelompok
B
|
|
|
|
|||
1.
|
SeniBudaya
|
3
|
3
|
3
|
||
2.
2.
|
PendidikanJasmani,
Olahragadan
Kesehatan
Prakarya
|
3
2
|
3
2
3
2
|
3
2
2
|
||
|
||||||
3.
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
||
J
Keterangan:
1. MatapelajaranSeniBudayadapatmemuatBahasaDaerah.
Selainkegiatanintrakurikulersepertiyangtercantumdidalamstruktur
kurikulumdiatas, terdapat pula kegiatanekstrakurikulerMadrasah
Tsanawiyahantaralain Pramuka (Wajib),Unit KesehatanSekolah,
danPalangMerahRemajadan lain sebagainya.
2. Kegiatanekstrakurikuler,yaitu;Pramuka(utama),UnitKesehatanSekolah,
PalangMerahRemaja,
BadanKegiatanRohaniIslam (Rohis) danyang lainnyaadalahdalamrangkamendukungpembentukansikapkepribadian,kepemimpinandansikapsosialpesertadidik,
terutamanyaadalahsikappeduli. Disampingitu
juga dapatdipergunakansebagaiwadahdalampenguatanpembelajaranberbasis pengamatanmaupundalamusahamemperkuatkompetensi keterampilannyadalamranahkonkrit. Dengandemikiankegiatanekstrakurikulerinidapatdirancangsebagaipendukungkegiatankurikuler.
3. MatapelajaranKelompokAadalahkelompokmatapelajaranyang kontennyadikembangkanolehpusat.Mata
pelajaranKelompok B yang
terdiriatasmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryasertaPendidikanJasmani, Olahraga, danKesehatanadalahkelompokmatapelajaranyangkontennyadikembangkanolehpusatdandilengkapi denganmuatanlokalyang dikembangkanolehPemerintah
Daerah.
4. Bahasa Daerahsebagaimuatanlokaldapatdiajarkansecara
terintegrasidenganmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryaataudiajarkansecaraterpisahapabiladaerahmerasaperluuntukmemisahkannya. Satuanpendidikandapatmenambah jam pelajaran per minggusesuaidengankebutuhansatuanpendidikantersebut.
5. Sebagaipembelajarantematikterpadu,angkajumlahjampelajaran per mingguuntuktiapmatapelajaranadalahrelatif.Gurudapatmenyesuaikannya sesuaikebutuhanpesertadidikdalampencapaiankompetensi
yang diharapkan.
6. Jumlahalokasiwaktujampembelajaransetiapkelasmerupakan
jumlah minimal yang
dapatditambahsesuaidengankebutuhanpesertadidik.
7. MuatanpembelajarandiMadrasahTsanawiyahyangberbasispada
konsep-konsepterpadudariberbagaidisiplinilmuuntuktujuanpendidikanadalahmatapelajaranIlmuPengetahuanAlam(IPA)danIlmuPengetahuanSosial (IPS).
8. PadahakikatnyaIPAdanIPSdikembangkansebagaimatapelajarandalambentukintegratedsciencesdanintegrated
social studies. MuatanIPA berasaldaridisiplinBiologi,Fisika,danKimia,
sedangkanmuatan IPS berasaldariSejarah, Ekonomi, Geografi, danSosiologi. Keduamatapelajarantersebutmerupakanprogram
pendidikanyangberorientasiaplikatif,pengembangankemampuan
umlahAlokasiWaktu Per Minggu
|
jumlah
|
46
|
46
|
46
|
|
|
KETERANGAN
:
1. MatapelajaranSeniBudayadapatmemuatBahasaDaerah.
Selainkegiatanintrakurikulersepertiyangtercantumdidalamstrukturkurikulumdiatas,
terdapat pula kegiatanekstrakurikulerMadrasah Tsanawiyahantaralain Pramuka (Wajib),Unit
KesehatanSekolah, danPalangMerahRemajadan lain sebagainya.
2. MatapelajaranKelompokAadalahkelompokmatapelajaranyang kontennyadikembangkanolehpusat.Mata pelajaranKelompok B
yang terdiriatasmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryasertaPendidikanJasmani, Olahraga, danKesehatanadalahkelompokmatapelajaranyangkontennyadikembangkanolehpusatdandilengkapi denganmuatanlokalyang dikembangkanolehPemerintah
Daerah.
3. Bahasa
Daerahsebagaimuatanlokaldapatdiajarkansecara
terintegrasidenganmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryaataudiajarkansecaraterpisahapabiladaerahmerasaperluuntukmemisahkannya. Satuanpendidikandapatmenambah jam pelajaran per minggusesuaidengankebutuhansatuanpendidikantersebut.
4. Sebagaipembelajarantematikterpadu,angkajumlahjampelajaran per mingguuntuktiapmatapelajaranadalahrelatif.Gurudapatmenyesuaikannya sesuaikebutuhanpesertadidikdalampencapaiankompetensi
yang diharapkan.
5. Jumlahalokasiwaktujampembelajaransetiapkelasmerupakan
jumlah minimal yang
dapatditambahsesuaidengankebutuhanpesertadidik.
StrukturKurikulum
SMP/MTs
(Permendikbud No
58 Tahun 2014)
MATA PELAJARAN
|
ALOKASIWAKTU PER MINGGU
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok
A (Umum)
|
|
|
|
|
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
IlmuPengetahuanAlam
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
IlmuPengetahuanSosial
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok
B(Umum)
|
|
|||
1.
|
SeniBudaya
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
PendidikanJasmani,
Olahraga, dan
Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
jam pelajaran per minggu
|
38
|
38
|
38
|
STRUKTUR
KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH
(PMA NO 2 TAHUN 2008)
K o m p o n e n
|
KelasdanAlokasiWaktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A. Mata Pelajaran
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
d. SejarahKebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2. PendidikanKewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
5. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
6. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
7. IlmuPengetahuanAlam
|
4
|
4
|
4
|
8. IlmuPengetahuanSosial
|
4
|
4
|
4
|
9. SeniBudaya
|
2
|
2
|
2
|
10. PendidikanJasmani, Olahraga,
danKesehatan
|
2
|
2
|
2
|
11. Keterampilan/TIK
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
B. MuatanLokal *)
|
2
|
2
|
2
|
C. PengembanganDiri **)
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
40
|
40
|
40
|
Keterangan:
*)
Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan
dengan ciri khas dan
potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan
pendidikan (madrasah).
**) Bukan
mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan
kesempatan
peserta didik untuk mengembangkan
diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
satuan pendidikan (madrasah).
StrukturKurikulumSMP/MTs
(permendiknas
no 22 tahun 2006)
Komponen
|
KelasdanAlokasiWaktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A. MataPelajaran
1. Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
2. PendidikanKewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
6. IlmuPengetahuanAlam
|
4
|
4
|
4
|
7. IlmuPengetahuanSosial
|
4
|
4
|
4
|
8. SeniBudaya
|
2
|
2
|
2
|
9. PendidikanJasmani,
Olahragadan
Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10.Keterampilan/TeknologiInformasidan
Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
B.MuatanLokal
|
2
|
2
|
2
|
C.PengembanganDiri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
32
|
32
|
32
|
2*)Ekuivalen 2jampembelajaran
Komentar
Posting Komentar