PMA No. 912 Tahun 2013



Tabel:MataPelajaranMadrasahTsanawiyah
(PMA No. 912 Tahun 2013)



MATAPELAJARAN
ALOKASIWAKTUBELAJAR
PERMINGGU
VII
VIII
IX
KelompokA



1.
PendidikanAgamaIslam




a.AlQur'anHadis
2
2
2

b.AkidahAkhlak
2
2
2

c.Fiqih
2
2
2

d.SejarahKebudayaanIslam
2
2
2
2.
PedidikanPancasiladanKewarganegaraan
3
3
3
3.
BahasaIndonesia
6
6
6
4.
BahasaArab
3
3
3
5.
Matematika
5
5
5
6.
IlmuPengetahuanAlam
5
5
5
7.
IlmuPengetahuanSosial
4
4
4
8.
BahasaInggris
4
4
4
KelompokB



1.
SeniBudaya
3
3
3
2.
PendidikanJasmani,OlahragadanKesehatan
3
3
3
3.
Prakarya
2
2
2
JumlahAlokasiWaktuPerMinggu
46
46
46













































Beban BelajardanStrukturKurikulum
Madrasah Tsanawiyah (MTs)
(PMA 165 Tahun 2014)



MATA PELAJARAN
ALOKASIWAKTU BELAJAR

PER MINGGU

VII
VIII
IX

Kelompok A




1.
Pendidikan Agama Islam





a. Al-Qur’an Hadis
2
2
2


b. AkidahAkhlak
2
2
2


c. Fikih
2
2
2


d. SejarahKebudayaanIslam
2
2
2


2.
Pedidikan Pancasila danKewarganegaraan

3

3

3

3.
Bahasa Indonesia
6
6
6

4.
Bahasa Arab
3
3
3

5.
Matematika
5
5
5

6.
IlmuPengetahuanAlam
5
5
5

7.
IlmuPengetahuanSosial
4
4
4

8.
Bahasa Inggris
4
4
4

Kelompok B




1.
SeniBudaya
3
3
3

 2.
2.
PendidikanJasmani, Olahragadan
Kesehatan
Prakarya

3
2

3
2

3
2

3
2
2



3.
Prakarya
2
2
2

J

Keterangan:
1.    MatapelajaranSeniBudayadapatmemuatBahasaDaerah. Selainkegiatanintrakurikulersepertiyangtercantumdidalamstruktur
kurikulumdiatas, terdapat pula kegiatanekstrakurikulerMadrasah Tsanawiyahantaralain Pramuka (Wajib),Unit KesehatanSekolah, danPalangMerahRemajadan lain sebagainya.
2.    Kegiatanekstrakurikuler,yaitu;Pramuka(utama),UnitKesehatanSekolah,  PalangMerahRemaja,  BadanKegiatanRohaniIslam (Rohis)                danyang lainnyaadalahdalamrangkamendukungpembentukansikapkepribadian,kepemimpinandansikapsosialpesertadidik, terutamanyaadalahsikappeduli. Disampingitu juga dapatdipergunakansebagaiwadahdalampenguatanpembelajaranberbasis                  pengamatanmaupundalamusahamemperkuatkompetensi    keterampilannyadalamranahkonkrit.  Dengandemikiankegiatanekstrakurikulerinidapatdirancangsebagaipendukungkegiatankurikuler.
3.    MatapelajaranKelompokAadalahkelompokmatapelajaranyang kontennyadikembangkanolehpusat.Mata pelajaranKelompok B yang terdiriatasmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryasertaPendidikanJasmani, Olahraga, danKesehatanadalahkelompokmatapelajaranyangkontennyadikembangkanolehpusatdandilengkapi  denganmuatanlokalyang  dikembangkanolehPemerintah Daerah.
4.   Bahasa Daerahsebagaimuatanlokaldapatdiajarkansecara
terintegrasidenganmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryaataudiajarkansecaraterpisahapabiladaerahmerasaperluuntukmemisahkannya.  Satuanpendidikandapatmenambah   jam pelajaran per minggusesuaidengankebutuhansatuanpendidikantersebut.
5.    Sebagaipembelajarantematikterpadu,angkajumlahjampelajaran per mingguuntuktiapmatapelajaranadalahrelatif.Gurudapatmenyesuaikannya   sesuaikebutuhanpesertadidikdalampencapaiankompetensi yang diharapkan.
6.   Jumlahalokasiwaktujampembelajaransetiapkelasmerupakan
jumlah minimal yang dapatditambahsesuaidengankebutuhanpesertadidik.
7.   MuatanpembelajarandiMadrasahTsanawiyahyangberbasispada
konsep-konsepterpadudariberbagaidisiplinilmuuntuktujuanpendidikanadalahmatapelajaranIlmuPengetahuanAlam(IPA)danIlmuPengetahuanSosial (IPS).
8.    PadahakikatnyaIPAdanIPSdikembangkansebagaimatapelajarandalambentukintegratedsciencesdanintegrated social studies. MuatanIPA berasaldaridisiplinBiologi,Fisika,danKimia, sedangkanmuatan IPS berasaldariSejarah, Ekonomi, Geografi, danSosiologi.                 Keduamatapelajarantersebutmerupakanprogram pendidikanyangberorientasiaplikatif,pengembangankemampuan
umlahAlokasiWaktu Per Minggu
   jumlah
46
46
46









KETERANGAN :
1.    MatapelajaranSeniBudayadapatmemuatBahasaDaerah. Selainkegiatanintrakurikulersepertiyangtercantumdidalamstrukturkurikulumdiatas, terdapat pula kegiatanekstrakurikulerMadrasah Tsanawiyahantaralain Pramuka (Wajib),Unit KesehatanSekolah, danPalangMerahRemajadan lain sebagainya.
2.    MatapelajaranKelompokAadalahkelompokmatapelajaranyang kontennyadikembangkanolehpusat.Mata pelajaranKelompok B yang terdiriatasmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryasertaPendidikanJasmani, Olahraga, danKesehatanadalahkelompokmatapelajaranyangkontennyadikembangkanolehpusatdandilengkapi                    denganmuatanlokalyang  dikembangkanolehPemerintah Daerah.
3.   Bahasa Daerahsebagaimuatanlokaldapatdiajarkansecara
terintegrasidenganmatapelajaranSeniBudayadanPrakaryaataudiajarkansecaraterpisahapabiladaerahmerasaperluuntukmemisahkannya.  Satuanpendidikandapatmenambah   jam pelajaran per minggusesuaidengankebutuhansatuanpendidikantersebut.
4.    Sebagaipembelajarantematikterpadu,angkajumlahjampelajaran per mingguuntuktiapmatapelajaranadalahrelatif.Gurudapatmenyesuaikannya                                 sesuaikebutuhanpesertadidikdalampencapaiankompetensi yang diharapkan.
5.   Jumlahalokasiwaktujampembelajaransetiapkelasmerupakan
jumlah minimal yang dapatditambahsesuaidengankebutuhanpesertadidik.








StrukturKurikulum SMP/MTs
(Permendikbud No 58 Tahun 2014)


MATA PELAJARAN
ALOKASIWAKTU PER MINGGU
VII
VIII
IX
Kelompok A (Umum)



1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan

3

3

3
3.
Bahasa Indonesia
6
6
6
4.
Matematika
5
5
5
5.
IlmuPengetahuanAlam
5
5
5
6.
IlmuPengetahuanSosial
4
4
4
7.
Bahasa Inggris
4
4
4
Kelompok B(Umum)

1.
SeniBudaya
3
3
3
2.
PendidikanJasmani, Olahraga, dan
Kesehatan

3

3

3
3.
Prakarya
2
2
2
Jumlah jam pelajaran per minggu
38
38
38






STRUKTUR KURIKULUM  MADRASAH TSANAWIYAH
(PMA NO 2 TAHUN 2008)



K o m p o n e n
KelasdanAlokasiWaktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



     1. Pendidikan Agama Islam



         a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
         b. Akidah-Akhlak
2
2
2
         c. Fikih
2
2
2
         d. SejarahKebudayaan Islam
2
2
2
     2. PendidikanKewarganegaraan
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
4
    4. Bahasa Arab
2
2
2
    5. Bahasa Inggris
4
4
4
    6. Matematika
4
4
4
    7. IlmuPengetahuanAlam
4
4
4
    8. IlmuPengetahuanSosial
4
4
4
    9. SeniBudaya
2
2
2
   10. PendidikanJasmani, Olahraga, danKesehatan
2
2
2
   11. Keterampilan/TIK
2
2
2




B. MuatanLokal *)
2
2
2
C. PengembanganDiri **)
2
2
2
J u m l a h
40
40
40

Keterangan:
*)      Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan
potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**)    Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
         peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
         satuan pendidikan (madrasah).

























StrukturKurikulumSMP/MTs
(permendiknas no 22 tahun 2006)



Komponen

KelasdanAlokasiWaktu

VII

VIII

IX

A. MataPelajaran

1.  Pendidikan Agama


2


2


2

2.  PendidikanKewarganegaraan

2

2

2

3.  Bahasa Indonesia

4

4

4

4.  Bahasa Inggris

4

4

4

5.  Matematika

4

4

4

6.  IlmuPengetahuanAlam

4

4

4

7.  IlmuPengetahuanSosial

4

4

4

8.  SeniBudaya

2

2

2

9.  PendidikanJasmani, Olahragadan
Kesehatan

2

2

2

10.Keterampilan/TeknologiInformasidan
Komunikasi

2

2

2

B.MuatanLokal

2

2

2

C.PengembanganDiri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

32

32

32

2*)Ekuivalen 2jampembelajaran


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Khutbah 'Idul Adha

RENCANA KERJA MADRASAH

Contoh Surat Perintah Kerja (SPK)