SKL MA Jurusan Keagamaan
BAB IV
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN
1. Akhlak
Memahami istilah-istilah akhlak dan tasawuf, menerapkan
metode peningkatan kualitas akhlak, dan membiasakan perilaku terpuji serta
menghindari perilaku tercela.
2. Sejarah Kebudayaan Islam
a.
Memahami dan mengambil ibrah
sejarah dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan Madinah, masalah
kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat,
perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800
M), abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M), masa modern/zaman
kebangkitan (1800 – sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di
dunia.
b.
Mengapresiasi fakta dan makna
peristiwa-peristiwa bersejarah dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan
sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni.
c.
Meneladani tokoh-tokoh yang
berprestasi dalam perkembangan sejarah kebudayaan/peradaban Islam.
3. Bahasa Arab
a.
Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang madrasah, masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur’anul Karim,
kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan,
perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa Arab, dan masyarakat.
b. Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam
bentuk paparan atau dialog tentang madrasah, masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur’anul
Karim, kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan,
perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa dan masyarakat Arab.
c. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana
tertulis paparan atau dialog tentang madrasah, masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur’anul
Karim, kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan,
perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa dan masyarakat Arab.
d. Menulis
Mengungkapkan secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang madrasah, masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur’anul
Karim, kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan,
perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa dan masyarakat Arab.
4. Tafsir
a.
Mengenali pokok-pokok ilmu tafsir serta ilmu-ilmu
yang dapat membantu dan diperlukan dalam memahami dan menafsirkan al-Qur'an,
sehingga dapat dijadikan bekal dasar dalam memahami ayat-ayat al-Qur'an, serta
dijadikan fondasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
b.
Memahami ayat-ayat al-Qur'an
tentang: (1) makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan bahaya minuman keras;
(2) pendayagunaan akal pikiran, pentingnya pengembangan ilmu, dan pemanfaatan
alam semesta bagi kehidupan manusia; (3) tata cara menyelesaikan perselisihan,
musyawarah, dan taaruf dalam kehidupan; (4) kepemimpinan, syarat-syarat, tugas
dan tanggung jawab pemimpin; (5) pembinaan pribadi dan keluarga, serta
pembinaan masyarakat secara umum.
5. Hadis
a.
Memahami ilmu hadis dan
sejarahnya, sejarah penghimpunan dan pembukuan hadis, cara menerima dan
menyampaikan hadis, pembagian hadis, ilmu jarh wa ta’dil, generasi
perawi hadis, dan kitab-kitab hadis.
b.
Memahami al-Hadis tentang taat
kepada Allah dan Rasul-Nya, kebesaran dan kekuasaan Allah, nikmat Allah,
kewajiban dan tanggung jawab manusia serta pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
6.
Fikih
a.
Memahami ilmu usul fikih, sumber
hukum Islam yang muttafaq maupun yang mukhtalaf dan kaidah kaidah
usul fikih serta mampu mempraktikkannya.
b.
Memahami dan menerapkan sumber
hukum Islam dan hukum taklifi, prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam,
fikih ibadah, muamalah, munakahat, mawaris, jinayah, siyasah, serta dasar-dasar
istinbath dan kaidah usul fikih.
7.
Ilmu Kalam
a.
Memahami istilah-istilah akidah,
prinsip-prinsip, aliran-aliran dan metode peningkatan kualitas akidah serta
meningkatkan kualitas keimanan melalui pemahaman dan penghayatan al-asma’
al-husna serta penerapan perilaku bertauhid dalam kehidupan.
b.
Memahami ilmu kalam, fungsi dan
peranannya dalam kehidupan, aliran-aliran dan tokoh-tokoh yang berperan dalam
pengembangannya serta berbagai pandangannya tentang ilmu kalam.
Komentar
Posting Komentar