RENCANA KERJA MADRASAH








RENCANA KERJA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015












KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH ALIYAH NEGERI KALIMUKTI
KABUPATEN CIREBON
Pondok Pesantren An-Nashuha Kalimukti Pabedilan Kab. Cirebon 45193
Telp. (0231) 8665263 Fax. 8665335 e-mail : man.kalimukti@yahoo.com



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT, sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan seluruh ummatnya. Amin
Penyusunan program kerja bagi sebuah organisasi merupakan sebuah keharusan. Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan pencapaian tujuan dari organisasi tersebut. Sebuah organisasi yang tidak memiliki program kerja akan sangat kesulitan dalam melaksanan kegiatan-kegiatan yang menunjang pencapaian tujuannya.
Berawal dari hal itu, maka MAN Kalimukti Kab. Cirebon yang merupakan organisasi yang mengemban tujuan besar dalam dunia pendidikan tidak lepas dari keharusan tersebut. Dalam pelaksanaannya, MAN Kalimukti Kab. Cirebon menyusun program kerja jangka panjang (8 tahunan), jangka menengah (4 tahunan) dan jangka pendek (tahunan).
Ketiga program kerja tersebut disusun secara berkesinambungan dan terpadu. Sehingga memudahkan bagi semua komponen madrasah untuk melaksanakannya. Dalam tujuan yang lebih lanjut, program-program kerja tersebut disusun sebagai acuan bagi komponen-komponen madrasah di bawahnya untuk menyusun program kerjanya masing-masing.
Semoga program kerja ini bisa menjadi penunjang terciptanya tujuan pembelajaran dan pendidikan di MAN Kalimukti Kab. Cirebon. Segala kritik dan saran konstruktif tetap kami harapkan dari semua pihak dan stake holder MAN Kalimukti Kab. Cirebon demi perbaikan di masa mendatang.
Akhirnya, ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan dan realisasi program-program kerja tersebut.
Kalimukti, Juli 2014
Kepala MAN Kalimukti Kab. Cirebon



Drs. H. Usamah Manshur, M.Pd.I.
NIP. 19591210 198303 1 005




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR   ________________________________________ ____ i
DAFTAR ISI   _______________________________________________ ___ ii

BAB I        PENDAHULUAN________________________________________ 1
A.   Latar Belakang_______________________________________ 1
B.   Dasar______________________________________________ 2
C.   Maksud dan Tujuan___________________________________ 3
D.   Ruang Lingkup______________________________________ 4
E.   Sasaran____________________________________________ 4
F.    Sistematika Penyusunan_______________________________ 5

BAB II       VISI, MISI, DAN TUJUAN_________________________________ 6
A.   Visi________________________________________________ 6
B.   Misi________________________________________________ 6
C.   Tujuan_____________________________________________ 6

BAB III      EVALUASI PELAKSANAAN TAHUN LALU__________________ 7
A.   Gambaran Umum Pelaksanaan Program Kerja Tahun Lalu____ 7
B.   Hambatan-hambatan__________________________________ 7
C.   Solusi_____________________________________________ 10

BAB IV      RINCIAN RENCANA KERJA______________________________ 12
A.   Uraian Rencana Kerja_________________________________ 12
B.   Deskripsi Tugas Pengelola Madrasah____________________ 22

BAB V       PENUTUP____________________________________________ 27

LAMPIRAN-LAMPIRAN__________________________________________ 28
Profil Madrasah
Struktur Organisasi Madrasah
Pembagian Tugas

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Mencermati tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional, dan memperhatikan pula tentang Rencana Strategis (Renstra) Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon yang menempatkan program pendidikan di urutan pertama, maka setiap lulusan MAN Kalimukti diharapkan menjadi manusia yang cerdas dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, serta sehat jasmani dan rohani. Disamping itu lulusan MAN Kalimukti diharapkan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap nusa dan bangsa.
Tujuan ini merupakan dambaan setiap warga negara Indonesia pada umumnya, maupun masyarakat Cirebon pada khususnya. Meskipun harapan dan dambaan ini masih jauh, namun demikian upaya-upaya mencapai tujuan tersebut harus selalu berjalan terus. Di sisi lain tuntutan globalisasi membawa kita memasuki arus persaingan yang ketat untuk memasuki bursa kerja. Sementara itu, lulusan MAN Kalimukti juga diharapkan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, namun karena berbagai permasalahan, banyak yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi sebagaimana mestinya. Sedangkan bila akan memasuki bursa kerja bekal keterampilan hidup yang dimiliki masih sangat kurang. Akibatnya lulusan MAN Kalimukti serba canggung, artinya ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi mengalami kendala pembiayaan, sedangkan bila memasuki bursa kerja bekal ketarampilan yang dimiliki belum cukup memadai.
Kondisi ini memerlukan perhatian kita bersama dan tidak dapat dibiarkan terjadi dari tahun ke tahun. Atas dasar inilah setiap madrasah berkewajiban menyusun program kerja tahunan yang mampu menjawab tantangan global, maupun dalam mewujudkan dambaan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar kita pada khususnya. Oleh karena itu, program kerja tahunan ini diharapkan mampu mengakomodasi berbagai kepentingan siswa yang ingin melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maupun bagi siswa yang akan memasuki dunia pekerjaan.
MAN Kalimukti pada tahun pelajaran 2014/2015 kembali menyusun program kerja tahunan. Dengan harapan mampu menjawab tantangan yang selalu timbul di dunia pendidikan saat ini maupun masa datang. Program yang disusun di samping program yang bersifat rutin juga mencantumkan program peningkatan mutu akademis dan peningkatan mutu pembekalan kecakapan vokasional. Dengan harapan agar setiap lulusan MAN Kalimukti  percaya diri dalam mengikuti seleksi di perguruan tinggi, maupun bersaing dalam memasuki dunia kerja.
Agar program kerja tahunan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan, sudah semestinya memerlukan dukungan dari segenap stakeholdermadrasah. Dukungan ini diwujudkan ke dalam suatu team work yang solid.  Suatu team work yang solid harus dilandasi dengan sikap saling asih, asah, dan asuh serta saling percaya akan kelebihan masing-masing, serta memahami kekurangan yang dimiliki dari masing-masing individu.
Program kerja ini dapat dilaksanakan secara fleksibel, luwes, dan supel tetapi bukan berarti dapat dengan mudah untuk diubah. Untuk itulah maka dalam program kerja ini perlu diadakan evaluasi dan monitoring secara berjenjang, berkala, dan berkelanjutan yang dilakukan pada awal, proses, dan akhir kegiatan.

B.   Dasar
Program kerja Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kalimukti Kab. CirebonTahun Pelajaran 2014/2015 ini disusun regulasi-regulasi sebagai berikut.
1.   Pedoman umum penyelenggaraan administrasi madrasah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
2.   Kalender Pendidikan Madrasah (RA, MI, MTs, MA, dan MAK)  Di lingkungan pembinaan  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2014/2015.
3.   Keputusan Musyawarah dalam rapat dinas Kepala Madrasah, Kep. Tata Usaha, Wakil Kepala Madrasah, dan Badan Pengurus Komite Madrasah tanggal 16 Juni 2013.

C.   Maksud dan Tujuan
Berikut ini adalah maksud dan tujuan disusunnya Program Kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015.
1.   Maksud
a.    Sebagai pedoman kerja bagi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan pendidikan di  lingkungan MAN Kalimukti Kab. Cirebon.
b.    Sebagai dasar pertanggjawaban atas penyelenggaraan seluruh kegiatan yang  sedang  dan atau telah dilaksanakan.
c.    Sebagai dasar melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan pendidikan selama satu tahun pelajaran.
2.   Tujuan
a.    Tujuan Umum
1)   Memberikan gambaran secara menyeluruh tentang bidang kegiatan yang akan diselenggarakan selama Tahun Pelajaran 2014/2015.
2)   Memberikan gambaran tentang rincian kegiatan yang akan dilaksanakan selama Tahun Pelajaran 2014/2015.
3)   Untuk memperoleh gambaran pemerataan pekerjaan dan kegiatan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan/skala prioritas.
4)   Agar diperoleh penyelenggaraan kerja yang berjenjang, terprogram, berdaya guna, dan berhasil guna.
b.    Tujuan Khusus
1)   Terselenggaranya kegiatan yang bisa menunjang proses belajar mengajar secara optimal baik yang bersifat rutin atau insidentil selama Tahun Pelajaran 2014/2015.
2)   Dapat dimulainya secara baik semua kegiatan pada awal, pertengahan, dan akhir Tahun Pelajaran 2014/2015.
3)   Terselnggaranya kegiatan-kegiatan khusus yang secara langsung atau tidak langsung ikut menunjang proses belajar mengajar Tahun Pelajaran 2014/2015.

D.   Ruang Lingkup
Program kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015 meliputi bidang-bidang sebagai berikut.
1.   Manajemen/Kepala Madrasah
2.   Ketatausahaan Madrasah
3.   Kurikulum
4.   Kesiswaan
5.   Sarana dan Prasarana
6.   Hubungan Masyarakat (HUMAS)
7.   Bimbingan Konseling (BK)
8.   Program Unggulan

Semua kegiatan yang ada pada bidang-bidang ini diprogramkan dalam suatu rencana yang terarah dan terjadwal sehingga dapat diupayakan penyelesaian semua program menurut jadwal yang di tetapkan dengan  hasil maksimal.Dalam penjadwalan program kegiatan dibagi atas tiga tahap, yaitu sebagai berikut.
1.   Tahap awal, memulai tahun pelajaran dan pembuatan program kerja.
2.   Tahap inti, selama berlangsungnya tahun pelajaran dan pelaksanaan program kerja
3.   Tahap akhir, menjelang tahun  pelajaran dan evaluasi dan pelaksanaan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program kerja.

E.   Sasaran
Sasaran dari penyusunan rencana kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015 ini bisa dikategorikan ke dalam dua jenis sasaran, yaitu sasaran umum dan sasaran khusus sebagai berikut.
1.   Sasaran Umum
Terselenggaranya proses belajar mengajar yang baik dan lancar, untuk mencapai mutu pendidikan yang diharapkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
2.   Sasaran Khusus
a.    Penataan dan pemeliharaan fisik madrasah, meliputi kegiatan:
1)   Penataan dan penyempurnaan administrasi.
2)   Penataan dan pengaturan pembagain tugas.
3)   Penataan lingkungan dan peningkatan ketahanan madrasah.
4)   Penataan halaman madrasah (6K).
b.    Program pokok yang meliputi kegiatan:
1)   Penyelenggaraan kegiatan persiapan Tahun Pelajaran 2014/2015
2)   Penyelenggaraan persiapan kegiatan selama tahun pelajaran 2014/2015
3)   Penyelenggaraan kegiatan menjelang tahun pelajaran 2014/2015
c.    Program penunjang yang meliputi kegaiatan yang langsung maupun tidak langsung mempengaruhi pencapian hasil belajar-mengajar.

F.   Sistematika Penyusunan
Rencana Kerja MAN Kalimukti Tahun Pelajaran 2014/2015 ini disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut ini.
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUN
BAB II VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH
BAB III EVALUASI RENCANA KERJA SECARA UMUM
BAB IV RINCIAN RENCANA KERJA
BAB V PENUTUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Profil Madrasah
Struktur Organisasi Madrasah
Deskripsi Tugas (Job Description) Penyelenggara Madrasah
Pendelegasian Tugas (Keputusan Kepala Madrasah Tentang Pembagian Tugas)







BAB II
VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH


A.   Visi

Terwujudnya peserta didik yang cerdas dan berakhlak mulia.


B.   Misi
  1. Menyelenggarakan pelayanan pendidikan dan kegiatan proses belajar mengajar secara maksimal
  2. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk pengembangan kreativitas peserta didik
  3. Menanamkan dan mengembangkan kesadaran peserta didik untuk melaksanakan ibadah dengan baik dan benar
  4. Menanamkan secara kontinu nilai-nilai agama dan budaya demi membentuk peserta didik yang berkarakter kuat

C.   Tujuan
a.   Terwujudnya semangat berprestasi bagi peserta didik dalam belajar dan berkompetisi secara sehat di masyarakat.
b.   Terwujudnya peserta didik yang mampu beramal ilmiah dan berilmu alamiyah.
c.    Tertanamnya karakter disiplin, kepatuhan, dan kejujuran pada diri setiap peserta didik
d.   Terpahaminya oleh peserta didik tata cara ibadah sesuai dengan kaidah ajaran Islam.
e.   Terwujudnya peserta didik yang mampu bersikap, berperilaku, dan berbahasa santun.

BAB III
EVALUASI RENCANA KERJA SECARA UMUM


A.   Gambaran Umum Pelaksanaan Rencana Kerja Tahun Lalu
Secara umum, gambaran pelaksanaan rencana kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat dilaporkan sebagai berikut.
1.   Pada awal tahun pelajaran, Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Pendelegasian Tugas, dan Pembuatan Program Kerja Madrasah dan Program Kerja seluruh komponen berjalan baik dan sesuai dengan rencana.
2.   Selama perjalanan tahun pelajaran, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, program kerja yang sudah disusun di awal tahun pelajaran dapat direalisasikan dengan baik dan sesuai dengan target. Baik itu kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran maupun yang lainnya.
3.   Pada akhir tahun pelajaran, pelaksanaan evaluasi program kerja baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran berupaUjian Nasional (UN), Ujian Madrasah (UM), dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) bagi peserta didik kelas XII dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) bagi kelas X dan XI dapat terlaksana sesuai dengan rencana dan target kurikulum. Begitu pula dengan evaluasi program madrasah non kependidikan dapat dilaksanakan dengan meminta seluruh pejabat komponen madrasah membuat laporan atas semua program kerjanya serta menyusun program tindak lanjut atas hasil evaluasi tersebut.

B.   Hambatan-hambatan
Pelaksanaan Rencana Kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2013/2014 walaupun sudah dianggap berjalan dengan baik, namun bukan tanpa hambatan. Hambatan-hambatan yang dihadapi tersebut dapat dikategorikan menjadi empat aspek, yaitu aspek peserta didik, aspek guru, aspek orang tua, dan aspek sarana pra sarana sebagai berikut.
1.   Aspek Peserta Didik
a.    Banyak peserta didik yang belum mampu memanfaatkan waktu belajar dengan sebaiknya. Peserta didik yang tinggal di asrama Pondok Pesantren An-Nashuha terkadang terkendala dengan pembagian waktu kegiatan pondok pesantren. Sedangkan peserta didik yang tidak tinggal di asrama pondok pesantren terkendala dengan waktu tempuh yang membutuhkan waktu dan energi lebih banyak.
b.    Sebagian peserta didik terbiasa belajar mendadak hanya bila ada ulangan saja.
c.    Pekerjaan rumah yang diberikan guru, sering kali tidak dikerjakan bahkan banyak yang mengerjakan di madrasah tepat sebelum batas waktu yang ditentukan sehingga menghasilkan kualitas pekerjaan yang seadanya.
d.    Waktu dan kesempatan yang ada di madrasah atau di rumah belum  dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya.
e.    Peserta didiksebagian besar tidak memiliki buku teks pelajaran, bahkan buku catatan yang diperoleh dari penjelasan guru selama pembelajaran tidak ada atau hilang.
f.     Masih rendanya minat baca peserta didik dan kunjungan ke perpustakaan sebagai pendukung proses belajar mengajar.
g.    Pemanfaatan cara belajar berkelompok belajar agar belum dimanfaatkan dengan baik.
h.   Peserta didik yang mendapatkan nilai kurang, sebagian tidak berusaha belajar lebih giat untuk mengejar ketertinggalannya.
i.     Masih rendahnya kesadaran peserta didik untuk mematuhi tata tertib madrasah, terutama berkaitan dengan keterlambatan hadir dan kerapian berpakaian.

2.   Aspek Guru
a.    Masih ada guru yang kurang memanfaatkan waktu mengajar tatap muka dengan alasan yang kurang jelas.
b.    Metode pembelajaran yang digunakan masih banyak menggunakan metode pembelajaran konvensionalsehingga proses pembelajaran masih kurang efektif dan efisien.
c.    Masih tampak beberapa guru mengajar dengan persiapan yang kurang matang.
d.    Longgarnya sistem monitoring proses pembelajaran, sehingga rencana program pembelajaran terkadang tidak direalisasikan pada kenyataannya.
e.    Masih minimnya penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang berbasis TIK oleh guru dalam proses pembelajaran.
f.     Sebagian guru mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.
g.    Sistem penilaian dan evaluasi yang belum menggunakan authentic assesment secara utuh, sehingga kompetensi peserta didik tidak ternilai secara sempurna.
h.   Hasil evaluasi pembelajaran belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru untuk kepentingan program remedial dan pengayaan.
i.     Sebagian besar guru belum melakukan analisis terhadap hasil evaluasi dan penilaian, sehingga menghambat pelaksanaan program remedial dan pengayaan.

3.   Aspek Orang Tua
a.    Masih rendahnya perhatian orang tua peserta didik terhadap perkembangan proses pembelajaran peserta didik di madrasah.
b.    Minimnya partisipasi dan dukungan orang tua peserta didik terhadap program madrasah.
c.    Minimnya peran orang tua peserta didik untuk terus memberikan motivasi belajar kepada putra-putrinya agar terus meningkatan prestasi belajarnya.
d.    Keragama latar belakang paradigma orang tua peserta didik, bahkan sebagian besarnya masih beranggapan kurang pentingnya pendidikan, lebih memperhatikan agar putra-putrinya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak ketika lulus dari MAN Kalimukti Kab. Cirebon nanti.

4.   Aspek Sarana dan Prasarana.
1.      Masih minimnya pengembangan bangunan fisik, karena terhambat pada anggaran dan ukuran tanah.
2.      Kurangnya penyediaan sarana alat peraga dan media pembelajaran.
3.      Kurangnya kelengkapan koleksi perpustakan sebagai sumber belajar guru dan peserta didik.
4.      Terhambatnya pengadaan sarana pemeliharaan gedung, baik yang berkaitan dengan kebersihan dan keindahan madrasah, maupun yang terkait dengan pemeliharaan peralatan dan mesin.
5.      Belum tersedianya kendaraan operasional madrasah sehingga sedikit banyak menghambat pelaksanaan program madrasah.

C.   Solusi atas Hambatan-hambatan Tersebut
Berdasarkan temuan dan kajian atas hambatan dan masalah yang ditemukan selama pelaksanaan rencana kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2013/2014, madrasah berusaha untuk memecahkan masalah-masalah tersebut dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1.   Dalam setiap kesempatan, kepala madrasah, guru, guru BP/BK selalu diingatkan untuk terus memberikan penjelasan, pengarahan, nasehat, bimbingan, dan motivasi kepada peserta didik agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
2.   Terus berusaha menegakkan tata tertib madrasah dengan cara memberikan reward dan punishment.
3.   Memperkuat pelaksanaan program remedial dan pengayaan.
4.   Melakukan monitoring terhadap kinerja guru agar melaksanakan tugas pendidikan dengan lebih maksimal.
5.   Melakukan pembinaan terhadap guru untuk meningkatkan kompetensinya terkait dengan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran, authententic assesment, dan analasis dan tindak lanjut hasil penilaian.
6.   Mendorong para guru untuk terus meningkatkan kompetensinya diantaranya dengan ikut serta dalam forum MGMP/MGBK dan kegiatan sejenis serta memberikan akomodasinya.
7.   Memperkuat hubungan emosional antara madrasah dengan orang tua peserta didik agar orang tua peserta didik lebih proaktif dalam berpartisipasi dan mendukung program dan kegiatan madrasah.
8.   Memberikan pengarahan kepada orang tua peserta didik agar lebih memperhatikan perkembangan putra-putrinya.
9.   Melengkapi sarana dan pra sarana yang belum ada dan diperlukan untuk menunjang pelaksanaan program madrasah.
10.Melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan secara berkala untuk memastikan sarana dan pra sarana madrasah dapat terus dimanfaatkan untuk kepentingan pelaksanaan program madrasah.
11.Pembinaan guru sekolah oleh Kepala Masdarasah perlu ditingkatkan, demikian juga terhadap wali kelas yang masih baru.




BAB IV
RINCIAN PROGRAM KERJA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


A.   Uraian Program Kerja
1.   Manajemen / Kepala Madrasah
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
Peningkatan mutu layanan tenaga pendidik dan kependidikan
Terciptanya layanan prima kepada siswa
Melaksanakan layanan siswa secara prima baik dalam KBM mapun dalam bidang yang lain

2.
Pembinaan akademik dan non akademik peserta didik
Tercapainya pembinaan yang maksimal kepada siswa dalam bidang akademik dan non akademik
Melaksanakan pembinaan yang maksimal kepada siswa

3.
Pembinaan Pengelolaan Kelas
Terwujudnya pembinaan kelas secara optimal dan kreatif sehingga siswa berasa nyaman di kelas
Menggairahkan kegiatan belajar siswa dalam kelas

4.
Pembentukan karakter peserta didik
(character building)
Terbentuknya sikap disiplin dan taat aturan
Terwujudnya perilaku yang berakhlakul karimah

5.
Pemeliharaan umum
Terpeliharanya sarana  lainnya
Lancarnya kegiatan operasional Madrasah




2.   Ketatausahaan Madrasah
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
Penyusunan program ketatausahaan
Tercapainya pelaksanaan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu
Terlaksananya setiap jenis pekerjaan secara optimal dan tepat waktu

2.
Pembinaan dan peningkatan kualitass SDM dan disiplin pegawai
Terwujudnya SDM yang berkualitas dan berdedikasi tinggi
Meningkatnya kualitas laporan pekerjaan sesuai dengan aturan yang berlaku

3.
Penyusunan job description pelaksana pekerjaan pegawai
Tertatanya laporan pekerjaan setiap bagian
Mudahnya pelaksanaan masing-masing pekerjaan

4.
Pembiasaan disiplin terhadap karyawan
Adanya peningkatan kehadiran karyawan
Dapat terciptanya situasi yang harmonis, tentramdan baik

5.
Memberikan pengetahuan dan  keterampilan dasar-dasar manajerial
Pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik
Semua karyawan dapat membuat program kerja dengan baik

6.
Montoring dan Evaluasi Program Kegiatan Tengah Semester bagi Karyawan
Pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik
Semua karyawan dapat membuat Laporan program kerja dengan baik Tengah Semester

7
Monitoring dan Evaluasi Program Kegiatan Akhir Semester bagi Karyawan
Pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik
Semua karyawan dapat membuat Laporan program kerja dengan baik Akhir Semester





3.   Kurikulum
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
Optimalisasi pembuatan perencanaan pembelajaran, monitoring proses pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran
Terpenuhinya target penyusunan dokumen kurikulum baik perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi
Meningkatnya kuantitas dan kualitas dokumen kurikulum

2.
Intensifikasi tugas terstruktur dan tugas mandiri

Tersusunnya tugas siswa baik tugas terstruktur maupun tugas mandiri
Mengukur tugas siswa secara baik

3.
Kegiatan remedial dan pengayaan
Terakomodasinya kebutuhan belajar setiap peserta didik baik kelompok asor maupun kelompok atas
Meningkatnya tingkat ketuntasan peserta didik dalam menyelesaikan program pembelajarannya

4.
Peningkatan layanan pembelajaran
Layanan Pembelajaran terlaksana secara intens dan ekstens
Meningkatkan layanan pembelajaran baik secara intensif maupun ekstensif

5.
Ujian praktikum komputer
Terlaksananya evaluasi praktek komputer secara baik
Memudahkan pantauan evaluasi penguasaan komputer bagi siswa

6.
Pembinaan praktek keagamaan
Praktek keagamaan dapat dilaksanakan oleh siswa secara baik
Mengukur keberhasilan praktek keagamaan

7.
Pembiasaan tadarrus Al-Qur'an
Terbiasanya tadarus Alqur'an dan munaqosah Hafalan Alqur'an
Mengukur tingkat hafalan alqur'an

8.
Pembinaan lomba bidang akademik
Terciptanya siswa-siswa yang siap dalam menghadapi lomba bidang akademik
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi lomba-lomba bidang akademik

9.
Sistem layanan pembelajaran berbasis IT
Terpenuhinya hardware dan soft ware layanan informasi pembelajaran berbasis IT
Meingkatnya aktifitas dan prestasi belajar siswa

10.
Penambahan dan perbaikan komputer
Terpenuhinya hardware di Lab Komputer
Lab. komputer yang memadai dan proporsional

11.
Penambahan LCD proyektor
Bertambahnya jumlah LCD proyektor
Tercukupinya kebutuhan LCD secara mobile

12.
Penelitian lapangan
Terciptanya peserta didik yang mempunyai wawasan lingkungan
Menambah wawasan peserta didik di luar lingkungan madrasah

13.
Pengadaan alat-alat praktikum
Tersedianya alat-alat praktikum yang memadai
Meningkatnya aktifitas pembelajaran dengan metode praktek dan penelitian

14
Pengadaan Lab. Bahasa dan Multimedia Center
Tersedianya Lab. Bahasa dan Multimedia center
Meningkatnya kualitas proses pembelajaran




4.   Kesiswaan
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
PPDB dan Masa Taaruf Peserta Didik Baru (MTPDB)
Terlaksananya sosialisasi dan pengenalan kepada civitas akademika beserta lingkungan madrasah
Mengenal dan memahami keadaan. Civitas akademika serta lingkungan

2.
Ta'aruf eskul serta aktivasi otak kanan
Tertanamnya rasa senang, rasa memiliki, dan hasrat berkarya di eskul
Mengenalkan kecerdasan emosi dan spiritual dan kegiatan eskul MAN Kalimukti Kab. Cirebon

3.
Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bidang akademik
Tersalurnya kreativitas siswa pada kegiatan eskul bidang akademik
Membina siswa dalam kegiatan  eskul di bidang akademik seperti olimipiade

4.
Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bidang non akademik
Tersalurnya kreativitas siswa pada kegiatan eskul bidang non akademik
Membina siswa dalam kegiatan  eskul di bidang non akademik seperti PMR, Pramuka, Paskibra, KIR, Hadroh, sepak bola, dll.

5.
Bimbingan intensif menghadapi lomba/olimpiade
Intensifikasi dan ekstensifikasi bimbingan mengahadapi lomba/olimpiade
Membimbing secara intensif dan ekstensif siswa dalam menghadapi lomba/olimpiade

6.
Keikutsertaan lomba/olimpiade
keterlibatan siswa dalam lomba/olimpaide
Mengikutsertakan siswa dalam lomba/olipmiade tertentu

7.
PORSENI siswa MA
Tersalurkannya kreativitas siswa dalam perlombaan olah raga pada kegiatan PORSENI pelajar
Menyalurkan bakat dan prestasi siswa dalam bidang olah raga dan seni

8.
Melaksanan Senam Massal Secara Rutin
Tersedianya sarana pembianaan kesehatan di lingkungan madrasah
Terbiasakannya perilaku hidup sehat

9.
Bimbingan perilaku keagamaan
Terbiasanya para siswa untuk melakukan ajaran agama dengan baik dan benar
Meningkatnya kesadaran peserta didik untuk beribadah dan berperilaku religius

10.
Pelepasan Siswa Kelas XII
Membiasakan diri untuk mensyukuri kenikmatan yang diperolehnya
Terkumpulnya dana tambahan untuk syukuran pelepasan siswa kelas XII



5.   Sarana Dan Prasarana
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
Inventarisasi barang milik negara
Diketahui jumlah barang milik negara (MAN Kalimukti Kab. Cirebon)
Terpeliharanya barang milik negara (MAN Kalimukti Kab. Cirebon)

2.
Pengadaan meja kursi siswa dan guru
Memenuhi kekurangan meja kursi siswa dan guru
Memberikan kenyamanan duduk dan menulis siswa dan guru

3.
Rehabilitasi meja dan kursi guru yang rusak
Efisiensi anggaran pengadaan meubelair
Terciptanya suasana nyaman dalam belajar bagi siswa dan bekerja bagi guru

4.
Penggantian dan penambahan papan tulis (white board) di setiap kelas
Terciptanya suasana kondusif dalam pembelajaran
Meningkatnya pencapaian target kurikulum bidang pengajaran

5.
Menata ulang meja kursi siswa dan guru serta pelaksanaan K3 di dalam dan luar kelas
Terciptanya suasana baru di dalam kelas dan tercukupinya kebutuhan meja dan kursi guru dan siswa


6.
Penataan meja kursi siswa dan guru serta pelaksanaan K3 didalam dan diluar kelas
Tercukupinya kekurangan meja kursi siswa/guru dan terciptanya suasana bersih, aman dan indah
Memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi siswa dan guru dalam KBM

7.
Pemagaran gedung madrasah
Terciptanya suasana nyaman dan keindahan
Meningkatnya disiplin peserta didik

8.
Pembuatan lahan parkir kendaraan guru dan siswa
Tersedianya tempat parkir siswa
Memberikan rasa aman dan nyaman

9.
Pengadaan dan perbaikan alat-alat pengeras suara
Terlaksananya pekerjaan secara efektif dan efisien
Memberikan kemudahan dalam melaksanakan acara-acara

10.
Perbaikan WC siswa (perbaikan daun pintu dan pelaburan)
Layak pakainya sarana WC siswa
Terciptanya suasana bersih dan sehat di lingkungan madrasah

11.
Pengecatan gedung (kelas, kantor dan aula)
Terciptanya keadaan rapih, bersih dan indah
Memberikan kenyamanan dan keindahan

12.
Optimalisasi program K3
Terciptanya suasan nyaman di madrasah
Meningkatnya kualitas pembelajaran siswa dan kinerja pegawai

13.
Rapat-rapat pembinaan dan evaluasi
Termotivasinya petugas dalam melaksanakan pekerjaannya
Meningkatnya kinerja petugas


6.   Humas
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
Sosialisasi dan koordinasi program madrasah
Tersosialisasi dan terkoordinasinya program madrasah  dengan berbagai pihak secara baik
Program madrasah dapat terserap oleh berbagai pihak

2.
Publikasi dan dokumentasi kegiatan madrasah
Terekam dan terinventarisnya publikasi dan semua dokumen kegiatan madrasah
Publikasi dan dokumentasi kegiatan madrasah dapat terinventaris dengan lengkap

3.
Penyusunan dan penerbitan kalender MAN
Tercetaknya kalender madrasah sebagai salah satu sarana media publikasi
Terjalinnya hubungan hubungan silaturahmi dengan pihak-pihak luar melalui kalender madrasah

4.
Tasyakkur dan Haul MAN Kalimukti Kab. Cirebon
Terlaksananya tasyakkur dan haul MAN Kalimukti Kab. Cirebon dengan meriah dan penuh kehidmatan
Jadikan pelaksanaan tasyakkur dan haul MAN Kalimukti Kab. Cirebon sebagai ajang syukur kepada ALLAH SWT

5
Mengadakan studi wisata
Terlaksananya kegiatan studi wisata
Meningkatnya wawasan peserta didik dan guru terkait dengan sejarah dan perkembangan ilmu pengetahuan mutkahir

5
Mendirikan BKK
Terbantunya pada alumni yang berminat bekerja setelah lulus, baik di dalam negeri maupun luar negeri
Meningkatnya penyerapan lulusan di dunia kerja


7.   Bimbingan Konseling (BK)
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
Tes Psikologis
Terukurnya potensi dan kecenderungan peserta didik
Terbentuknya rombongan belajar berdasarkan pada potensi dan kecenderungan yang dimiliki peserta didik

2.
Pengambilan data melalui aplikasi instrumentasi (misalnya IKMS, Angket)
Terintertarisasinya data tentan kebutuhan dan masalah peserta didik
Teridentifikasi dan terlaksananya program layanan BK berbasis kebutuhan peserta didik

3.
Layanan Program Pendidikan Lanjutan
Terdatanya minat dan keinginan peserta didik dalam program pendidikan lanjutan
Tersalurkannya  minat dan keinginan peserta didik dalam program pendidikan lanjutan

4.
Himpunan data
Tersusunnya data peserta didik secara lengkap dan mendalam
Terrealisasinya pemberian bantuan dan layanan kepada peserta didik secara tepat

5.
Rekam Jejak PDSS
Terdatanya nilai akademik peserta didik sejak kelas X sampai dengan XII
Terwujudnya cita-cita peserta didik untuk melanjutkan studi ke PTN/PTAIN

6.
Kunjungan Rumah
(Home Visit)
Terbentuknya jalinan silaturahi dengan orang tua peserta didik
Meningkatnya silaturahim, kerja sama, dan timbal balik yang positif dengan orang tua

7.
Konferensi Kasus
Terrumuskannya masalah peserta didik bersama pihak-pihak tertentu

Terentaskannya masalah peserta didik

8.
Konsultasi Siswa
Terselenggaranya komunikasi yang efektif dengan orang tua peserta didik
Terjalinnya komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik




8.   Program Unggulan
No
Nama Kegiatan
Target yang Ingin Dicapai
Ket.
Output
Outcome
1.
Matrikulasi
Terbentuknya kesiapan peserta didik dalam pembelajaran di peminatannya masing-masing
Tercapainya prestasi peserta didik pada proses pembelajaran di peminatannya

2
Balai Kerja Khusus (BKK)
Tersalurkannya potensi peserta didik yang tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi
Terbantunya peserta didik dalam dunia kerja

3
Kelompok Bahasa Asing
(English, Arabic, Korean)
Terfasilitasinya minat dan potensi peserta didik pada pengembangan bahasa asing
Terciptanya peningkatan kemampuan berbahasa asing baik dari segi fluency (kelancaran) dan accuracy (ketepatan)

4
Tahfidhul Qur’an
Terkembangkannya kemampuan dan kecenderungan peserta didik dalam menghafal al-Qur’an
Terwujudnya suasa akademik yang terbiasa mengkaji dan menerapkan nilai-nilai al-Qur’an


B.   Deskripsi Tugas Pengelola Madrasah
1.   Manajemen/Kepala Madrasah
a.    Menyusun program tahunan Madrasah
b.    Menetapkan kebijakan operasioanl Madrasah
c.    Melaksanakan supervisi
d.    Mengatur kegiatan belajar mengajar
e.    Mengatur kegiatan kesiswaan
f.     Mengatur kegiatan personalia kepegawaian
g.    Mengatur kegiatan Tata Usaha dan keuangan madrasah
h.   Mengatur fasilitas alat peraga pendidikan dan pengajaran
i.     Mengatur gedung dan perlengkapan madrasah
j.      Mengatur hubungan dengan masyarakat
k.    Mengatur tata tertib Madrasah
l.     Mengatur dan memelihara  disiplin guru dan karyawan
m.  Mengadakan bimbingan tugas guru dan pegawai Tata Usaha
n.   Mengadakan penilaian tugas
o.    Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan Madrasah.

2.   Ketatausahaan Madrasah
a.    Membantu Kepala dalam mengelola rumah tangga Madrasah
b.    Menyusun program pengelolaan kantor Madrasah
c.    Menyelenggarakan kegiatan tatalaksana Kantor Madrasah
d.    Mengatur urusan surat menyurat
e.    Mendokumentasikan alat-alat administrasi Madrasah
f.     Mengatur kesejahteraan guru dan pegawai
g.    Melaksanakan pendaftaran siswa baru dengan melalui panitia PSB dan melakukan registrasi siswa
h.   Memelihara inventarisasi Madrasah
i.     Memelihara kelancaran kegiatan belajar mengajar
j.      Melaksanakan bimbingan dan penilaian tugas staf Tata Usaha
k.    Mengatur kelancaran Koperasi Siswa
l.     Mengatur  pengisian buku-buku identitas pegawai dan siswa
m.  Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah

3.   Kurikulum
a.    Membantu Kepala Madrasah dalam mengelola kegiatan penyelenggaraan pembelajaran
b.    Menyusun pembagian tugas mengajar bagi guru, yang disesuaikan dengan disiplin ilmu dan pengalaman mengajar
c.    Merencanakan dan melaksanakan peningkatan pengembangan profesional guru
d.    Bersama waka membuat usulan kepada Kepala Madrasah untuk menempatkan guru dalam jabatan koordinator dan Pembina
e.    Menyusun penempatan guru dalam jabatan wali kelas dan guru piket
f.     Mempersiapkan media pembelajaran dan perangkat pembelajaran
g.    Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pembelajaran dalam sistem operasional
h.   Memonitor pelaksanaan kegiatan pembelajaran
i.     Bersama waka mengadakan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembelajaran
j.      Mengadakan pengawasan terhadap ketuntasan belajar
k.    Membimbing guru dalam membuat perangkat pembelajaran
l.     Bersama koordinator  jurusan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler
m.  Mempersiapkan pelaksanaan evaluasi tengah semester, semester, kenaikan kelas  dan Ujian
n.   Memimpin sidang kenaikan kelas
o.    Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah

4.   Kesiswaan
a.    Membantu Kepala Madrasah dalam urusan Kesiswaan dan kegiatan Ekstrakurikuler
b.    Menyusun program kegiatan Majelis Perwakilan Orang Tua
c.    Membagi tugas dan mengkoordinasikan tugas  para pembina yang ada dibawah pembantu Kep. Madrasah Bidang Kesiswaan
d.    Membimbing dan mengarahkan kegiatan ekstrakurikuler baik dalam lingkungan Madrasah maupun masyarakat
e.    Membimbing MPK dalam menyusun GBPK dan mengarahkan atau memantau pelaksanaannya termasuk pengelolaan OSIS
f.     Membimbing pengurus OSIS dalam menyusun Daftar Isian Kegiatan (DIK)
g.    Mengupayakan terciptanya suatu kesatuan dan persatuan siswa dalam satu sistem suasana kekeluargaan di lingkungan Madrasah
h.   Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah

5.   Hubungan Masyarakat
a.    Membantu Kepala Madrasah dalam urusan Humas
b.    Menyusun program kegiatan pembantu Kepala Madrasah Bidang Pelayanan dan Hubungan Masyarakat
c.    Mengupayakan terjalinnya hubungan Madrasah yang harmonis dengan lembaga lain/instansi yang terkait, masyarakat dan Pondok Pesantren.
d.    Mensosialisasikan masalah-masalah kegiatan Madrasah dengan lembaga lain/instansi terkait, masyarakat dan Pondok Pesantren
e.    Protokoler dalam acara-acara rapat dinas Madrasah
f.     Mengkoordinir Program/laporan dari setiap Wakil Kepala Madrasah/Pembina
g.    Membuat dokumentasi kegiatan Madrasah
h.   Menjalin kerjasama dengan media massa untuk mensosialisasikan aktifitas lembaga
i.     Mengkoordinir pelaksanaan tugas Kapustekkom dan kepala PSBB
j.      Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah

6.   Sarana Dan Prasarana
a.    Membantu Kepala Madrasah dalam urusan Sarana  Prasarana
b.    Menyusun program pengadaan, pemeliharaan dan pengamanan barang inventaris khususnya yang berkaitan dengan KBM
c.    Mendayagunakan sarana prasarana KBM
d.    Menjaga stabilitas pemeliharaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana Madrasah
e.    Merencanakan kegaitan pendayagunaan sarana dan prasarana Madrasah secara optimal
f.     Merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana Madrasah
g.    Mencatat dan menata piala, piagam yang diperoleh Madrasah / siswa
h.   Membina / mengawasi pelaksanaan 3K
i.     Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah

7.   Bimbingan Konseling (BK)
a.    Membantu Kepala Madrasah dalam urusan BK
b.    Menyusun program kegiatan BK
c.    Mengupayakan peningkatan minat dan gairah belajar siswa dalam PBM
d.    Mengatur tugas dan penempatan Guru BK di kelas
e.    Mengatur pembagian kelas dan pemilihan  program jurusan
f.     Memberikan bimbingan karier siswa sesuai dengan bakat, kemampuan dan cita-cita yang diharapkannya
g.    Menyelesaikan masalah atau kasus-kasus yang terjadi pada siswa (absensi dan pelanggaran tatib)
h.   Menginventarisasi  data output siswa tiap akhir tahun baik yang melanjutkan sekolah ataupun yang bekerja
i.     Menangani dan mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait tentang mutasi siswa
j.      Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah.

8.   Program Unggulan
a.    Membantu Kepala Madrasah dalam urusan pengembangan madrasah bidang unggulan.
b.    Menyusun rencana anggaran, program kurikulum, kesiswaan, humas dan pelayanan program unggulan.
c.    Meningkatkan kompetensi guru, pelayanan siswa
d.    Merancang pengembangan program-program unggulan
e.    Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah tentang operasional penyelenggaraan program-program unggulan.






BAB V
PENUTUP


Segala puji bagi Allah SWT, dengan segala pertolongan-Nya kami dapat merampungkan penyusunan Rencana Kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon untuk Tahun Pelajaran 2014/2015.
Rencana Kerja Tahunan ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari rencana kerja jangka panjang (8 tahunan) dan rencana kerja jangka menengah (4 tahunan). Selanjutnya Rencana Kerja Tahunan ini akan dijadikan acuan dan dasar untuk semua komponen MAN Kalimukti Kab. Cirebon meyusunan program kerjanya masing-masing.
Dengan demikian, diharapkan semua program di madrasah ini menjadi lebih terpadu dan berkesinambungan. Pada akhirnya semua akan bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan di MAN Kalimukti Kab. Cirebon pada khususnya dan pendidikan nasional pada umumnya.
Segala upaya sudah kami kerahkan untuk menyusun sebuah rencana kerja yang sebaik-baiknya. Namun, kami pun menyadari masih banyak kelemahan dan kekurangan. Oleh karena itu, segala kritik dan saran konstruktif sangat kami harapkan demi perbaikan di masa mendatang.



           










RENCANA KERJA
MAN KALIMUKTI KAB. CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


LAMPIRAN – LAMPIRAN

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Khutbah 'Idul Adha

Contoh Surat Perintah Kerja (SPK)